Welcome to minChimonerz blog Guys..!

All About Japanese and Korean

Selasa, 30 Maret 2010

“Let go of love that isn’t yours.”

Mr Sun, pengacara Hangeng berani mempertanggung jawabkan semua perkataannya di bawah ini. Ia menulis bedasarkan apa yang ia lihat setelah menelusuri jatuh bangun karir keartisannya di ranah hiburan selama 4 tahun terakhir. Dan sepertinya karaguan semua orang yang selalu mempertanyakan alasan Hangeng memtuskan kontrak hanya karena kesehatan dan masa kerja yang terlalu lama sedikit dirasa kurang masuk akal terjawab sudah.

DISKRIMINASI ! rupanya isu “perbedaan” inilah yang mencuat dan menjadi “penyakit” yang selama ini diderita oleh Hangeng atas perlakuan oleh perusahaannya sendiri. Mr. Sun menarik kesimpulan pen-diskriminasian dari 6 point selama kurun waktu 2005-2009

I.Masks
Kasus visa kerja yang mengharuskan Hangeng perform menggunakan topeng dinilai merupakan bentuk “ketidakpedulian” SM terhadap hak-nya sebagai seorang artis sekaligus bentuk penghinaan “orang asing” karena memberikan tekanan psikologis secara tidak langsung.

II.Discriminatory
Di konser tour SuperJunior Show 22th Nov, 2008 di ShangHai. Menurut Mr Sun, keluarga Hangeng yang diberi tempat di sudut ruangan mendapat perlakukan yang jauh ebrbeda dari keluarga member lainnya “korea” yang mendapat tempat di tengah auditorium. Setelah berdebat sengit dengan pihak SM, barulah keluarga Han bisa duduk di tengah bersama keluarga yang lainnya.

III.Discriminatory on Financial Proportion
Korean members di SuperJunior saling berbagi biaya hidup dengan perusahaan selama di China. Singkatnya, sebagian biaya ikut ditanggung oleh perusahaan. Tapi Hangeng dikecualikan dengan menanggung sendiri biaya hidupnya.

IV.Discriminatory Chinese Actors in Daily Life
Bila ada hari libur di Korea, member yang lain diijinkan untuk pulang kerumah mereka masing – masing, sedangkan Hangeng diminta untuk tinggal di apartemen bersama member yang lainnya. Meski sudah berkonsultasi, perusahaan tetap enggan mengijinkan Hangeng untuk tinggal bebas di negaranya sendiri.

V.Insecurity of Reward Distributee
Tidak ada jaminan keamanan dari gaji yang dibayarkan. Tidak adanya kuitansi ataupun slip bukti setoran untuk diberikan pada Hangeng. Selama ini, SM membayar Hangeng dengan mata uang won. Dan ini menyebabkan Hangeng harus 2 kali melakukan transaksi tukar uang hingga bisa mengambilanya dalam bentuk Yuan China. Alhasil terjadi selisih mata uang yang cukup besar dan ini menyebabkan pendapatan Hangeng jauh berkurang. Hangeng mengatakan bahwa SM sebenarnya bisa membayar dalam kurs RMB, ia sudah berkali – kali meminta agar menggunakan RMB sebagai mata uang, tapi ditolak oleh SM dengan alasan yang tidak jelas.

VI. SM sudah kesekian kalinya, berkali – kali menampik tawaran berbagi pihak untuk kemajuan karir Hangeng sendiri.
Tahun 2009, perusahaan ternama Procter&Gamble berniat mengkontrak Hangeng sebagi model untuk prosuk OLAY , Tapi ditolak SM lewat staff informasi dengan alasan Hangeng tidak tahu apa – apa soal “ produk tersebut”
Juni 2009,Awalnya kandidat utama model video klip Ariel Lin adalah Hangeng. Namun entah mengapa SM malah mengirimkan Shiwon dan Donghae untuk menggantikan posisi Hangeng.
Pada 2008 lalu, Hangeng sempat diminta untuk memerankan karakter pangeran dalam film MULAN. Produser film tersebut sangat ingin Hangeng bisa ambil bagian dalam film besutannya dan menghubungi SM. Tapi SM berkali – kali tidak mengindahkan tawaran tersebut hingga akhirnya peran tersebut diberikan pada orang lain. Sun mengatakan Sm telah melanggar janji dan “mengubur” karir Hangeng sebagai artis dan tidak member kesempatan mengembangkan diri.

Dari point – point diatas, kita bisa menilai bahwa Hangeng memiliki alasan kuat mengapa ia ingin kontrak kerjanya dihentikan. Aku percaya bahwa secara pribadi, Han tidak memiliki “dendam” terhadap member yang lain dan entah apakah mereka tahu dan menyadari bahwa Hangeng mendapat perlakuan “anak tiri” yang berbeda dari mereka atau benar – benar tidak tahu Karena Hangeng tidak menceritakan itu semua karena keterbatasan komunikasi.

Hangeng setipe dengan Heechul maupun Kibum. Mereka bukan idola yang dikaruniai suara Wah ! ataupun terlahir sebagai penyanyi. Dan disaat dirinya mendapat waktu luang 3 bulan lebih, kita melihat sendiri bagaimana usaha kerasny mengejar “ketinggalan” dan belajar berbagi hal sesuatu yang tidak pernah didapatkannya selama 4 tahun bersama SM. Dan mengenai masalah diskriminasi ? Kita gak bisa berujar banyak karena kenyataannya memang Hangeng mencari makan di negeri orang.

Lagipula selama ini memang terkenal kalau Orang Korea itu sangat bangga dengan rasnya sendiri dan malah terkadang cenderung kearah rasis ( meski tidak semuanya, tapi sebagian besar…ya memang demikian ^__^) Perlu dilihat dulu berapa banyak kah orang luar yang bisa masuk hiburan Korea ? jumlahnya sangat sedikit dan itupun kebanyakan mereka yang kebetulan memiliki half-blooded. Kesannya harry Potter banget ? Yah itu memang kenyataannya kawan ^__^ Dan Hangeng itu bukanlah Pangeran Berdara campuran ^__^ Dia adalah orang luar pertama di SM yang berhasil masuk dunia hiburan Korea dengan susah payah. Karenanya, mendengar Han mendapat perlakuan diskriminasi seperti ini, mungkin sebagian dari kita tidak terlalu terkejut mendengarnya.

ELF China-pun sepertinya tidak terlalu ngoyo dan memaksa agar Hangeng “Stay” di SJ. Mereka sepertinya mulai melupakan keegoisan mereka dan berdoa mendukung agar jalan yang diambil merupakan yang etrbaik dan tidak disesali di kemudian hari.


从现在起,我Hangeng的球迷,也是一个ELF。
从现在开始,我会看12人演唱会,并继续支持一人的电影。
从现在开始,我将学习如何让没有看到Hangeng使用一素菊。
从现在开始,我将开始享受Hangeng他自己的光辉。
从现在开始,直到永远,我永远不会忘记13个阶段,永远爱笑的13面。
Hwaiting Hangeng,Hwaiting素菊。
无论何时何地你,珍珠宝石蓝色的大海将你尖叫,
的支持,只要你总是面带微笑,我们将很乐意
苏胡是不容易的,低频是不容易的,
13是永远,即使有那么一天,每一个极低频必须履行14个不同的角色*,
不踊跃相信,我们爱你们。
吨/信噪比:*这意味着她的角色的ELF /自己,加上(如果是这样的话),支持所有13名成员分别。

From now on, I am Hangeng’s fan, and is also an ELF.
From now on, I will watch a 12-people concert, and continue to support a 1-person movie.
From now on, I will learn to get use to a SUJU without seeing Hangeng.
From now on, I will start to enjoy Hangeng shining on his own.
From now on, and until forever, I will never forget the stage of thirteen, and forever love the smiling faces of thirteen.
Hwaiting Hangeng, Hwaiting Suju.
No matter when and where you are, the pearl sapphire blue sea will be screaming for you,
The support, as long as you are always smiling, we will be happy
SUJU isn’t easy, ELF isn’t easy,
13 is forever, even though there will be a day where every ELF need to fulfil 14 different roles*,
Do not hestitate to believe, we love you guys.


*starjunior

Tidak ada komentar:

Posting Komentar